Visi Misi SDN Andir Kidul

Posted on
  • Kamis, 26 Mei 2011
  • by
  • andir
  • in
  • I. VISI

    SDN Andir Kidul Handal, Iman, dan Rukun” atau SDN Andir Kidul “ HADIR ” paling depan dalam segala kegiatan.

    Pengertiannya :
    Handal ” bahwa SDN Andir Kidul siap untuk lebih meningkatkan kualitas sekolah dengan mengarahkan segala upaya, dana, serta sumber daya manusia yang ada



    Iman ” mengandung pengertian bahwa segala tugas yang kita emban harus dibarengi dengan rasa keikhlasan, percaya diri, taqwa, kesabaran, dan ketabahan. Maka dari itu seluruh personil yang ada di SDN Andir Kidul siap untuk merubah sikap dari kebiasaan yang kurang baik ke arah yang positif.

    Rukun ” bahwa untuk mewujudkan suatu keluarga yang harmonis dalam suatu rumah tangga di sekolah, adalah kerja sama yang kompak, tolong menolong, saling membantu untuk mencapai prestasi yang lebih baik, maka dengan menjalin rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh mudah-mudahan SDN Andir Kidul menjadi kebanggaan masyarakat. (Puncuk dicinta ulampun tiba).
    Sehingga lulusan SD Andir Kidul akan handal dalam ilmu pengetahuan, teknologi, beriman dan senantiasa menciptakan kerukunan di tengah kehidupan masyarakat.

    II. Misi
    Berpijak kepada Visi sebagaimana diuraikan di atas, maka SDN Andir Kidul akan memfokuskan tujuan mencapai kualitas terbaik minimal di tingkat Kecamatan dan maksimal di tingkat Provinsi dengan melaksanakan misi sebagai berikut :

    * Memberdayakan sumber dana yang ada.
    - mengoptimalkan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien untuk kegiatan belajar mengajar (KBM).
    - melengkapi sarana KBM
    - memelihara dan meningkatkan pentingnya manfaat sarana dan prasarana tersebut sehingga tepat guna dan berhasil guna.

    * Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Tenaga kependidikan untuk mencapai.
    - peningkatan kualitas dalam manajemen sekolah yang baik melalui penerapan MBS
    - peningkatan profesional guru melalui pembinaan serta mendorong guru untuk menambah pendidikan dan pelatihan sehingga mau dan mampu mengimplementasikan dalam KBM yang pada akhirnya menghasilkan anak didik yang taqwa, cerdas, dan terampil serta berbudi pekerti luhur.
    - peningkatan kesejahteraan lahir dan batin dengan memberi keleluasaan untuk kreatif dan inovatif dalam pengembangan KBM melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan, dan penataran.

    Tujuan dan Sasaran

    A. Tujuan Umum
    Adapun tujuan umumnya yaitu “untuk menggali potensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada pada SDN Andir Kidul dalam rangka meningkatkan mutu sekolah

    B. Tujuan Khusus
    - Meningkatkan fungsi dan peranan sekolah dasar dalam upaya menciptakan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki ragam dan tingkat pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, serta nilai dan sikap yang memungkinkan untuk menjadi warga masyarakat dan warga negara yang berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkemampuan memiliki ketrampilan dasar yang dapat menjadi bekal untuk melanjutkan pendidikannya, serta untuk hidup dalam bermasyarakat.

    - Mengembangkan sumber daya yang ada di sekolah dan lingkungan serta mendayagunakannya secara efektif dan efisien dalam usaha-usaha peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

    C. Sasaran
    Sasaran yang diharapkan untuk mencapai tujuan tersebut di antaranya :
    - meningkatkan terciptanya KBM yang harmonis dan Dinamis, melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
    - meningkatkan minat baca untuk menggali potensi guru dan murid dari segi pengetahuan dan keterampilan melalui pemberdayaan perpustakaan secara optimal.
    - lebih menjalin hubungan baik dan harmonis antar guru dan orang tua untuk mengantisipasi anak/murid yang masih kurang dalam mengikuti KBM.
    - mengupayakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan KBM.

    0 komentar:

    Posting Komentar